Tips Domain dan Hosting yang Perlu Kamu Ketahui

Semua layanan hosting memerlukan domain untuk menjalankan atau memeliharanya. Saat anda mendaftarkan domain, Anda perlu mendapatkan hingga empat nama server atau name server, dan yang lebih umum lagi, dua name server domain.

Ketika Anda sudah mendapatkannya, pada dasarnya Anda mendapatkan sebuah tujuan hosting. Ini karena ketika Anda akan mengarahkan ke name server domain dari registrar ke host, Anda perlu menyiapkan akun/domain di
hosting yang sama agar sesuai dengan name servernya. Dan domain yang memiliki fungsi penuh untuk proses settingnya.

Perubahan name server memerlukan waktu hingga 24 jam dari proses propagasinya, karena beberapa layanan Internet memerlukan banyak follow up dan pembayaran sebelum mengubah name server ke hosting anda.

Setelah Anda selesai melakukannya, Anda perlu memberikan opsi kepada pengguna layanan hosting Anda untuk menambahkan nama domain mereka sendiri. Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan panel kontrol umum seperti cPanel dan Plesk, yang memiliki opsi untuk menambahkan nama domain. Anda dapat mengatur jumlah nama domain yang tidak terbatas untuk ditambahkan, atau Anda dapat membatasi pengguna ke jumlah domain yang Anda tambahkan melalui panel kontrol. Ini adalah metode yang paling umum, karena menambahkan domain dari panel kontrol sangat lah mudah.

Sebagian besar panel kontrol juga memiliki opsi untuk menambahkan subdomain yang juga dapat dikontrol oleh layanan hosting Anda. Anda juga memiliki opsi untuk membatasi jumlah subdomain sehingga Anda dapat mengontrol jumlah subdomain yang dimiliki oleh pengguna Anda.

Banyak sekali variasi yang bisa anda gunakan untuk manajemen domain anda, seperti ketika hosting mendapat registrar di layanan yang sama. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol domain mana yang Anda daftarkan dan anda bisa manfaatkan fasilitas darinya. Omong-omong, Anda dapat menyertakan layanan saran domain yang sangat menguntungkan, mudah digunakan, dan populer. Jika Anda tidak memiliki domain, hosting Anda memiliki subdomain gratis atau tidak, jadi anggap saja Anda harus membeli domain dan hosting lengkap untuk mendapatkan
situs web standar yang anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *